Jumat, 08 September 2017

Tidur Cukup Buat Tubuh Kebal Dari Penyakit

Kurang tidur membuat kita merasa lemas, tidak bergairah dan lebih rentan terserang penyakit. Itu terjadi karena tubuh kita tidak punya waktu untuk mengembalikan energi dan sistem kekebalan tubuh pun tidak sempat membaik.

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan di American Journal of Fisiologi-Regulatory, Integratif dan Perbandingan Fisiologi, menjelaskan bagaimana sistem kekebalan tubuh membaik saat tidur.

Para peneliti menemukan bahwa beberapa subset sel T menurun dalam aliran darah saat tidur, dimana risiko infeksi rendah. Sel T adalah sejenis sel darah putih dan menjadi dasar sistem kekebalan tubuh manusia.

Sel T ada di aliran darah dan siap menyerang virus dan patogen lain yang menyerang tubuh. Bahkan selama fase istirahat yang merilekskan, tubuh mampu melepaskan sel T, hormon pertumbuhan dan mengembalikan epinefrin ke sirkulasi untuk memerangi patogen bila diperlukan.

Baca: Mana yang lebih baik, olahraga rutin atau cukup tidur?

Dalam penelitian ini peneliti melakukan percobaan untuk mengetahui bagaimana kurang tidur mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Ada 14 relawan yang terdiri dari pria muda dengan usia rata-rata 25 tahun, yang berpartisipasi dalam dua studi 24 jam (20 sampai 20 jam).

Dalam percobaan tersebut, relawan diizinkan tidur antara pukul 11 ​​malam dan 7 pagi. Sedangkan sisanya, para pria diminta untuk tidak tidur selama 24 jam.

Sampel darah diambil dari masing-masing sukarelawan dengan interval yang bervariasi (90 menit sampai tiga jam) selama 24 jam. Di antara kelompok tidur, semua subkelompok sel T diukur berkurang dalam waktu tiga jam setelah tertidur. Namun, jumlah sel T tetap tinggi pada subjek yang tidak diperbolehkan tidur.

Sementara penelitian menunjukkan bahwa sel T meninggalkan aliran darah. Ke mana mereka pergi adalah sebuah misteri.

"Ini adalah pertanyaan yang belum terselesaikan tentang di mana sel mendistribusikan kembali saat tidur karena kita tidak dapat mengikuti rute migrasi mereka pada manusia sehat ... Ada beberapa petunjuk dari penelitian sebelumnya bahwa sel-sel ini menumpuk di kelenjar getah bening saat mereka tidur," tulis mereka para peneliti.

Penurunan cepat dalam sirkulasi sel T selama tidur, kata peneliti Luciana Besedovsky, menunjukkan bahwa bahkan malam tanpa tidur mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. "Ini ... mungkin salah satu alasan mengapa tidur sangat penting untuk kesehatan."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar